Arkatama

Aplikasi SIAKAD Arkatama, Olah Data Perguruan Tinggi
Aplikasi SIAKAD Arkatama, Olah Data Perguruan Tinggi

Aplikasi SIAKAD Arkatama, Olah Data Perguruan Tinggi

Pemerataan kualitas pendidikan Indonesia yang semakin gencar dilakukan pemerintah, membuat semakin meningkatnya “angka harapan lama pendidikan” masyarakat. Hal ini diperjelas dengan kondisi peningkatan pendaftar perguruan tinggi di berbagai wilayah. Naiknya minat dan concern masyarakat akan dunia pendidikan, menjadikan perguruan tinggi dituntut untuk dapat mengolah data pendidikan dengan baik. Perguruan tinggi di Indonesia berada di bawah naungan Kementrian dan Lembaga Pemerintah, sehingga setiap akhir tahun perguruan tinggi wajib untuk melakukan penyerahan data kepada pihak pemerintah melalui laman Dapodik. Data yang diserahkan haruslah data yang clear, dengan kata lain minim redundan dan validitas tinggi. Oleh karena itu, perguruan tinggi memerlukan sistem khusus untuk menangani pengolahan data tersebut. Salah satu sistem yang sering digunakan oleh pihak perguruan tinggi dalam melakukan pengolahan data mahasiswa adalah SIAKAD. 

SIAKAD atau yang biasa disebut sebagai Sistem Informasi Akademik merupakan sistem terpadu dan terintegrasi yang dapat menampung banyak data, baik profil mahasiswa, data orang tua, data keuangan mahasiswa, data scheduling perkuliahan, data dosen pengajar, data beasiswa, hingga output lulusan. SIAKAD menjadi sistem multifungsi dengan bantuan fitur import dan export data yang mempercepat pekerjaan bagian administrasi. SIAKAD menjadi aplikasi yang wajib dipasang oleh pihak akademisi karena manfaatnya sebagai penyimpanan master data perguruan tinggi. Arkatama merupakan Jasa Konsultan IT, Software House, IT Training Center yang menyediakan custom software application dengan source code dibebaskan menjadi hal milik client. Sehingga jika client menggunakan aplikasi milik Arkatama, hak cipta aplikasi akan menjadi milik client.

Fitur-fitur yang disarankan Arkatama untuk di custom dalam sistem informasi akademik lembaga Anda antara lain:

  • Fitur Dashboard

Fitur ini berfungsi sebagai penampilan data secara keseluruhan. Pihak akademisi dapat melakukan screening data secara cepat melalui penampilan laman dashboard. Penampilan data dibuat dengan tampilan visualisasi yang interaktif, baik berupa data berbentuk chart column ataupun chart pie. Penyajian dashboard yang interaktif akan mempermudah bagian pengolah data untuk melakukan penyimpulan data secara real time. Fitur dashboard tersebut dapat berbentuk seperti tampilan berikut.

  • Fitur Data Master

Fitur ini terdapat pada dashboard admin, dengan keunggulan mampu menampilkan data institusi secara rinci, data fakultas dan jurusan, data tahun akademik, data kampus, hingga data gedung yang dimiliki oleh perguruan tinggi. Fitur data master memungkinkan pengguna untuk melakukan update data pada sistem, hingga pengambilan data guna keperluan akademis. Fungsi utama pada fitur data master yakni Anda dan lembaga dimungkinkan bisa melakukan data mining dengan sistematis dan terstruktur. Pada data fakultas dan jurusan Anda dapat melakukan penambahan NIM untuk masing-masing peserta terdaftar dan penyisipan kode fakultas-jurusan. Kemudian pada data tahun akademik, Anda dapat melakukan update semester ganjil dan genap sesuai kegiatan perkuliahan yang akan berlangsung. 

Baca juga: 6 Rekomendasi Aplikasi Penunjang Work From Home – Academic Version

  • Fitur Data Kependidikan

Fitur data kependidikan dapat membantu lembaga melakukan pengelolaan terhadap data para dosen, riwayat pendidikan, riwayat pelatihan dosen, riwayat jabatan, hingga pengelolaan terhadap data tenaga kependidikan. Penambahan fitur data kependidikan ini dapat memudahkan lembaga untuk menentukan masa aktif jabatan dosen dan mencantumkan data detail para dosen yang mengajar, serta para pegawai yang bertugas.

  • Fitur Data Mahasiswa

Fitur ini memiliki fungsi sebagai tools untuk melakukan validasi data mahasiswa baru, data mahasiswa dan data mahasiswa pindahan/alih jenjang. Menu validasi data dapat difungsikan sebagai verifikasi dokumen mahasiswa. Sehingga jika terdapat kekeliruan data, pihak perguruan tinggi dapat melakukan checking by sistem dan kesalahan dapat segera terdeteksi. Menu data mahasiswa pada fitur ini, digunakan untuk menyimpan data mahasiswa aktif, cuti, atau lulus. Selain itu, fitur ini juga dilengkapi dengan menu mahasiswa alih jenjang, sebagai fasilitas mahasiswa diploma. Jika Anda membutuhkan menu untuk keperluan herregistrasi juga dapat ditambahkan pada fitur ini. Fitur data mahasiswa aplikasi SIAKAD Arkatama dilengkapi dengan filter dan ekspor, sehingga Anda dan lembaga dapat melakukan pengambilan data mahasiswa dengan mudah.

Baca juga: Cari Jasa Pembuatan SIAKAD Kampus, Serahkan pada Ahlinya

  • Fitur Kurikulum

Fitur Kurikulum berfungsi untuk menambahkan kurikulum yang digunakan sebagai acuan dalam proses belajar mengajar di perguruan tinggi. Fitur ini memungkinkan Anda dan lembaga untuk menambahkan mata kuliah beserta kodenya, semester berlangsungnya kurikulum, total SKS yang diakumulasikan pada kurikulum yang digunakan, hingga kategori mata kuliah mata kuliah (mata kuliah wajib, mata kuliah peminatan, hingga mata kuliah wajib). Fitur ini memudahkan perguruan tinggi untuk melakukan input terhadap mata kuliah yang ditawarkan kepada mahasiswa.

  • Fitur Perkuliahan

Fitur perkuliahan merupakan wadah pendukung kegiatan perkuliahan langsung (secara lapangan). Dimana fitur yang ditawarkan, perguruan tinggi dapat melakukan pembuatan kelas mahasiswa, melakukan penjadwalan pada kalender akademik, melakukan plotting Dosen PA (Pembimbing Akademik), membuka kelas perkuliahan, akumulasi paket SKS mahasiswa, menetapkan jam perkuliahan & ruangan perkuliahan, dan memanajemen aktivitas akademik lainnya. 

  • Fitur Presensi

Fitur presensi ini membantu pihak perguruan tinggi untuk dapat menambahkan field presensi pada dasboard mahasiswa. Fitur ini dapat membantu mempercepat proses rekapitulasi hasil presensi mahasiswa hadir, izin, alpha dan sakit. Tidak sedikit kampus yang menggunakan presensi secara manual, namun hal tersebut juga perlu didukung dengan penggunaan data sistem untuk meminimalisir presensi yang dimanipulasi dan agar data presensi dapat terekam dengan baik

  • Fitur Penilaian

Fitur Penilaian ini juga dapat disebut juga sebagai fitur penampil hasil evaluasi proses belajar mahasiswa. Fitur ini dapat berisi list input nilai mahasiswa, kartu hasil studi, transkrip nilai mahasiswa, nilai kegiatan magang, nilai kegiatan akhir, hingga predikat kelulusan bagi mahasiswa terkait. Sehingga mahasiswa dapat melakukan monitor dalam satu platform dari awal kegiatan perkuliahan hingga masa kelulusan. 

Fitur-fitur diatas efektif untuk membantu perguruan tinggi melakukan pengumpulan hingga pengelolaan terhadap data akademik mereka. Selain itu, mahasiswa dan dosen juga akan dimudahkan dalam melakukan kontrol nilai dan kegiatan perkuliahan yang dilaksanakan. Anda dan lembaga juga dapat menambahkan teks pengumuman yang ditujukan kepada mahasiswa dan dosen. Informasi lebih lanjut kunjungi Instagram resmi kami @arkatamamulti. Mari konsultasikan kebutuhan SIAKAD (Sistem Informasi Akademik) perguruan tinggi Anda bersama Arkatama! 

Content Creator: Divisi Marketing & Business Development

Daftar Isi

Mulai bangun kebutuhan IT Anda di 

PT Arkatama Multi Solusindo

Arkatama Multi Solusindo menghadirkan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan produktivitas dan kredibilitas bisnis Anda

0 Komentar