Arkatama

digital marketing dengan Tools Google
digital marketing dengan Tools Google

Ditengah masifnya penggunaan internet pada seluruh lapisan masyarakat menyebabkan semua kegiatan diintegrasikan dengan internet guna efisiensi dan efektifitas sumber daya. Istilah digital marketing pada zaman ini pun sudah bukan lagi menjadi hal yang asing didengar, melainkan sudah menjadi suatu keharusan pada setiap bisnis. Pasalnya dengan penerapan digital marketing pada sebuah bisnis dapat lebih menjangkau target pasar secara luas. Salah satu platform yang dapat Anda gunakan untuk menerapkan digital marketing adalah Google. 

Google memiliki berbagai tools pendukung yang dapat digunakan oleh pelaku usaha untuk mempromosikan bisnisnya. Sebagai platform pencarian Google menjadi yang paling sering digunakan untuk melihat sebuah bisnis sebelum mereka mengunjungi tempat tersebut. Fakta ini merupakan hasil penelitian dari reviewtrackers.com sebuah perusahaan analisis perangkat lunak. Berdasarkan fakta tersebut, sayang sekali jika Anda menyia nyiakan ketenaran Google untuk mendongkrak bisnis Anda. Oleh karena itu, berikut ini telah kami rangkum sebuah ulasan tools Google yang dapat Anda gunakan dalam strategi digital marketing Anda.

Apa itu Digital Marketing?

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya jika Anda memahami secara pasti terkait apa itu digital marketing. Digital marketing adalah pemasaran suatu produk dimana dalam prosesnya menggunakan menggunakan media digital atau internet.

Tools Google untuk Digital Marketing

  • Google My Business
    Google My Business alias Google Bisnisku adalah platform yang dapat digunakan oleh pelaku usaha untuk memberikan informasi bisnis mereka kepada konsumen disekitarnya. Platform Google My Business ini memungkinkan Anda untuk memberikan informasi sedetail mungkin kepada konsumen yaitu mulai dari deskripsi bisnis, review konsumen, foto atau gambar, menu, harga produk, hingga lokasi yang terintegrasi dengan Google Maps.  
    Seperti yang biasa kita lakukan, kita sering kali mengandalkan Google Maps untuk menuju sebuah lokasi. Dan sebelum memutuskan untuk mengunjungi sebuah lokasi tentu diperlukan berbagai macam pertimbangan matang seperti deskripsi dan tampilan lokasi. Hal tersebut secara komplit dapat Anda tampilkan pada Google My Business sehingga dapat menarik konsumen untuk mengunjungi tempat Anda. Berikut ini adalah contoh tampilan Google My Business.
Contoh Google My Business
  • Google Site
    Selain Google My Business, tools Google lain yang dapat Anda manfaatkan adalah Google Site. Google Site merupakan platform website yang disediakan oleh Google untuk para pelaku usaha, baik individu maupun korporasi. Dengan membuat Google Site Anda dapat memiliki website untuk bisnis Anda tanpa susah-susah coding dan melakukan pemrogaman. Google Site ini juga memiliki tampilan yang sangat menarik dan user friendly dengan tampilan seperti media sosial dengan gambar, background warna dan foto, dan fitur edisi kekinian seperti penampilan foto berbentuk corousel. Pada Google Site ini Anda dapat membuat dan mendesain website Anda sendiri sesuai keinginan dan kreatifitas Anda dengan mudah dan gratis. Sehingga sangat disayangkan apabila Anda melewatkan tools Google yang satu ini.
  • Google Trends
    Google trends merupakan sebuah platform yang akan menunjukkan pada Anda terkait trend yang sedang ngehype saat ini. Hal ini penting untuk diperhatikan oleh pelaku usaha karena pada zaman ini konsumen sering kali memperhatikan dan mengikuti perkembangan trend yang ada, sehingga produk yang Anda tawarkan haruslah sesuai dengan yang diinginkan calon konsumen. Platform ini juga dapat Anda jadikan sebagai perbandingan keyword promosi yang tepat, karena Google Trends akan menunjukkan grafik pencarian keyword pada Google. Keyword yang memiliki trend terus meningkat tentunya lebih berpotensi untuk dilihat lebih banyak orang, sehingga pesan promosi Anda tepat sasaran. Berikut ini adalah tampilan dari Google Trends.
  • Google Ads
    Google Ads adalah platform periklanan online yang disediakan oleh Google untuk membantu pelaku usaha menayangkan iklan secara online agar dapat menjangkau target pasarnya. Tujuan dari penayangan iklan ini, tentu saja untuk menarik perhatian orang sehingga mereka mau membeli dan menggunakan produk serta layanan yang Anda tawarkan. Telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa Google Ads secara efektif dapat mendatangkan konversi traffic yang cukup tinggi untuk menciptakan sales atau penjualan. 
    Google Ads tidak hanya menampilkan iklan pada halaman Search Engine Result Page (SERP) saja, tetapi juga menampilkan iklan pada YouTube, aplikasi-aplikasi yang ada di playstore serta platform atau media lain yang berafiliasi dengan Google. Hal ini karena iklan Google mempunyai 5 format berbeda, mulai dari iklan pencarian, iklan gambar, iklan aplikasi, iklan video, dan iklan shopping.
  • Google Analytics
    Tools dari Google selanjutnya yang dapat Anda manfaatkan adalah Google Analytics. Google Analytics adalah tool yang ampuh untuk berbagai macam bisnis online, brand maupun para blogger. Dengan menggunakan Google Analytics, Anda dapat menemukan banyak data tentang website Anda yang kemudian dapat digunakan untuk meningkatkan strategi marketing  dan pengembangan bisnis. Sederhananya tools ini akan membantu Anda untuk melakukan evaluasi strategi pemasaran yang telah Anda gunakan. Anda dapat mengetahui seberapa efektif dan bagaimana performa website Anda sehingga dapat dilakukan perbaikan untuk performa yang lebih optimal. 

Dalam proses mewujudkan tujuan bisnis di era digital marketing, setiap marketer berupaya menggunakan berbagai macam cara demi mendatangkan arus pengunjung (traffic) yang mengantarkan pada konversi. Tentunya dalam menerapkan digital marketing strategy ini harus didukung dengan penggunaan platform khusus atau perangkat tertentu, yang bisa menunjang aktivitas digital marketing. Nah itu tadi adalah beberapa tools Google yang bisa Anda manfaatkan untuk mendongkrak traffic bisnis Anda. 

Tentunya untuk menguasai segala tools yang telah disebutkan diatas perlu suatu ilmu, tips, dan juga trik jitu agar optimal dan tepat guna. Pengetahuan tersebut dapat Anda peroleh dari pelatihan digital marketing yang membahas tools-tools tersebut. AMD Academy bersama Arkatama dan LSP Teknologi Digital mengadakan sebuah pelatihan dan sertifikasi digital marketing yang akan mengupas tuntas seluruh tools diatas, yang tentunya dengan bimbingan mentor yang berpengalaman. Segera isi 6 kuota terakhir pelatihan dan sertifikasi tersebut pada link berikut. Eits setelah pelatihan Anda akan mendapat sertifikat yang diakui BNSP loh. So, jangan sampai ketinggalan.

Baca juga: Digital Marketing Tips and Tricks 2022

Penulis: Habib Fitriana Azzahra (Content Writer DTS Squad Batch 1)

Daftar Isi

Mulai bangun kebutuhan IT Anda di 

PT Arkatama Multi Solusindo

Arkatama Multi Solusindo menghadirkan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan produktivitas dan kredibilitas bisnis Anda

0 Komentar